Friday, November 27, 2015

Ten Thousand Buddhas Monastery




Ten Thousand Buddhas (Sepuluh Ribu Buddha) terletak di bukit Po Fook di Shatin, New Territories yang merupakan salah satu kuil Buddha yang paling terkenal di Hong Kong dan tempat yang selalu dikunjungi baik warga lokal maupun asing.Tempat ini didirikan oleh pendeta Yuet Kai pada tahun 1949 dan selesai pada tahun 1957. Kuil ini dibangun di atas dua tingkat, di atas bukit hutan bambu menghadap Shatin. Kuil tersebut memiliki lima candi, empat paviliun, satu beranda dan pagoda.

Pendeta Yuet Kai, lahir dari keluarga kaya di Kunming di China selatan pada tahun 1878. Dia adalah seorang pemain kecapi yang terampil dan penyair berbakat, yang belajar filsafat di salah satu universitas terkemuka di China. Pada usia 19, Ia memutuskan untuk mendedikasikan hidupnya untuk agama Buddha dan telah membakar daging yang dipotong dari dua jarinya, menyalakan empat puluh delapan lampu minyak di depan Buddha untuk menunjukkan komitmennya dalam beriman. Pada tahun 1933, Yuet Kai pindah ke Hong Kong untuk berkhotbah agama Buddha di sebuah biara lokal dan segera menemukan banyak pengikut. Awalnya dia merencanakan untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi Buddhis. Pendeta Yuet Kai meninggal pada 24 April 1965 (23 Maret dalam kalender Cina) pada usia 87.


Tempat ini sangat mudah dijangkau, jalan untuk menuju ke kuil cukup menanjak dengan 500 patung buddha di kedua sisi yang seukuran, yaitu patung Arhan. Di bagian atas adalah candi utama dimana terdapat sepeuluh ribu arca Buddha, ada juga Arhat Galery, Pagoda dengan 9 lantai, dan hall Naga-Puspa. Pagoda sembilan lantai dengan tangga spiral internal. Pada setiap tingkat disetiap tepi jendela terdapat patung Buddha dan dari tingkat atas kita bisa melihat panorama Sha Tin. Pagoda ini pada tahun 2001, itu dipilih sebagai simbol uang kertas Hong Kong senilai $100.





Di tengah teras antara ruang utama dan pagoda berdiri Kwun Yam Pavilion diapit galeri beranda Bodhisattva emas di satu sisi dan 18 Arhat Galeri patung Arhan di sisi lain, dengan berbagai patung-warni lainnya yang menghiasi teras utama. Selain beberapa bangunan tersebut, juga terdapat restaurant khusus makanan vegetarian yang menyediakan makanan dan minuman. Jika anda ingin melanjutkan perjalanan, pastikan mampir ke Won Bee Farm yang ada di tepi bangunan kuil. Biasanya pada akhir pekan mereka akan menjual hasil madu murni yang di jajakan di kaki bukit.

Monastery buka pada pukul 9:00am - 5.30pm setiap hari. Restauran Vegetarian buka pada pukul 10.30am - 5pm (Kamis ditutup). Rute menuju ke lokasi tersebut sangat mudah yaitu dari MTR East Rail Sha Tin Station exit B mengambil jalan samping terminal bus, turun ke jalan dan lalu ikuti Pai Tau Village di sebelah kiri. Jalan terus sampai ke persimpangan dengan Pai Tau di sebelah kiri terdapat Grand Central Plaza mall yang merupakan lokasi Homesquare dan toko IKEA berhadapan secara langsung. Kemudian ikuti Pai Tau Street dan ambil jalan pertama di sebelah kanan, ikuti Sheung Wo Che Road sampai Kantor Pemerintah Shatin dan parkiran. Pada akhir Sheung Wo Che Road ada tanda arah kuning untuk menuju ke biara. Bisa diperkirakan jalan dari stasiun biara membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit.



No comments:

Post a Comment