Wednesday, September 28, 2016

Lion Rock Country Park

Setelah kemarin-kemarin saya sharing berbagai objek wisata dengan trek yang cukup mudah di jangkau, kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika hiking ke Lion Rock. Setelah hiking ke berbagai trek, meskipun belum semuanya saya coba, menurut saya Lion Rock ini adalah trek yang cukup ekstrem karena sepanjang perjalanan hampir 80 % menanjak. Bagi Anda penyuka hiking, nature adventure, jangan lewatkan lokasi yang satu ini.

Lion Rock adalah salah satu hiking trail dan taman dari tiga taman yang pertama di Hong Kong. Sejak diresmikan pada tanggal 24 Juni 1977 meliputi wilayah dataran tinggi yang luas terbentang antara Kowloon Utara dan Shatin. Berbatasan dengan Kam Shan Country Park di bagian barat yakni garis batas di Tai Po Road dengan luas total 557 hektar. Lion Rock adalah pegunungan yang sempit yang membentang dari timur ke barat. Dengan bagian lereng selatan yang memiliki vegetasi tipis. Sebaliknya, lereng utara dengan aliran air yang berlimpah sehingga tumbuhan berkembang sangat pesat.




Wisata yang terkenal dari Lion Rock Country Park termasuk monumental Lion Rock, Amah Rock yang juga terkenal dengan legenda rakyatnya, dan Beacon Hill yang pernah menjadi lokasi sinyal stasiun di puncak bukit. Meskipun tidak begitu luas, lokasi ini menawarkan beberapa hiking trail terbaik di Hong Kong termasuk hiking trails yang populer seperti MacLehose Trail dan Wilson Trail yang melewati dataran tinggi, Eagle Nest Nature Trail dan Hung Mui Kuk Nature Trail. Lion Rock, yang menjadi daya tarik utama lokasi ini adalah puncaknya. Konon tempat ini merupakan legenda Hong Kong dari sebuah desa nelayan. Jika di lihat dari kejauhan, bentuk Lion Rock menyerupai singa duduk dengan kepala menghadap ke barat, seolah-olah diartikan untuk menjaga Hong Kong agar tetap aman. 

Sepanjang perjalanan ke Lion Rock, Anda akan menemukan rute Maclehose Trail 5 yakni di sisi utara dari Lion Rock dan Beacon Hill berakhir pada Tai Po Road. Dari titik awal dalam Ma On Shan Country Park, meluas sebelum memasuki Lion Rock Country Park melalui Shatin. Bagian Lion Rock adalah rute berbukit dengan beberapa tanjakan curam dan turunan menantang. Seperti bagian dari Shatin ke Unicorn Ridge, bagian dari Reunification Pavilion ke Beacon Hill, dan turunan dari Beacon Hill. Anehnya, jalan ini cukup populer dengan pejalan kaki, mungkin karena fasilitas hiking nya yang bagus. Ada toko di desa Shatin yang menyajikan minuman dingin dan makanan, penampungan air hujan di sepanjang jalan dan fasilitas toilet yang memadai.





Selain hiking trail di atas, terdapat pula rute hiking Wilson Trail 5. Dari jalur ini sedikit lebih mudah, berawal dari Shap Yi Wat Village, ada pemandangan yang luas dari Tai Wai dan Shatin serta ada jalur berliku menuju Hung Mui Kuk Nature Trail dan Amah Rock, di mana Anda hanya perlu memutar untuk mengunjungi area tersebut. Sementara dari Tai Po Road, jejak ini dimulai dan berakhir pada titik yang sama. Pemandangannya meliputi lereng Kowloon Reservoir yang merupakan fasilitas penyimpanan air tertua di Kowloon. Di sini juga Anda akan menemukan kera-kera yang berberkeliaran. Kera-kera tersebut sebenarnya tidak liar, yang merupakan kera keturunan peliharaan. Mereka adalah hewan yang agresif dan dapat menyerang manusia, terutama selama musim kawin atau ketika mereka merasa terancam. Pengunjung harus berhati-hati jika ingin mendekati mereka dan tidak boleh memberi makan kera-kera tersebut. Selain kera, terdapat pula jenis hewan yang sering kita jumpai di Lion Rock seperti burung. Umumnya adalah burung pemakan bangkai hewan dan sampah. 

Setelah mengetahui beberapa fauna, tentunya Lion Rock Country Park ini juga sangat kaya akan flora. Dengan distribusi sungai dan saluran air yang baik, menjadikan alam ini merupakan habitat yang luar biasa untuk berbagai tanaman. Sebagian besar pohon-pohon asli dan tanaman yang ada di Lion Rock hancur selama kependudukan Jepang dan di tahun-tahun pasca-perang. Namun dengan konservasi hutan dan reboisasi sejak tahun 1947, Lion Rock tampak subur dan menghijau hingga saat ini. Tanaman yang paling umum dari Lion Rock adalah Cina Red Pine (Pinus massoniana), Strawberry Tree (Myrica rubra), Cina Hackberry (Celtis sinensis), Microcos (Microcos paniculata), Fishpole Bambu (Phyllostachys aurea), Dupa Pohon (Aquilaria sinensis), Ivy Tree (Schefflera heptaphylla), Cina Tahun Bunga Baru (Enkianthus quinqueflorus) dan berbagai spesies Melastoma. Dengan budidaya dan pemeliharaan selama puluhan tahun telah mengubah bukit ini menjadi hutan campuran dengan berbagai jenis tanaman.




Amah Rock adalah sebuah bukit kecil di atas Hung Mui Kuk di Shatin. Dengan posisi sekitar 250 meter di atas permukaan laut, merupakan salah satu bukit kecil dari Lion Rock. Batuan ini mengisahkan sebuah legenda masyarakat. Seorang petani meninggalkan istri dan anaknya yang baru lahir untuk mencari nafkah di lautan. Kerinduan akan kembalinya sang suami, membuat sang istri menaiki bukit setiap hari untuk melihat dari kejauhan. Sayangnya sang suami tak pernah datang, karena dia mengalami kecelakaan di laut. Tana Putus asa dan dengan sekuat tenaga, sang istri berdiri di atas hari bukit setia hari hingga membuat para dewa merasa kasihan dan mengubahnya menjadi sebuah patung batu sebagai penjaga di atas teluk. 

Beacon Hill (453 m) yang terletak di sebelah barat Lion Rock, dulu juga dikenal sebagai stasiun sinyal asap. Pada masa Dinasti Qing, ada satu desa mengirimkan sinyal peringatan dari bukit untuk memperingatkan pasukan bajak laut atau untuk menyerang musuh. Versi lain mengatakan bahwa Beacon Hill adalah stasiun sinyal cuaca di puncak bukit sebagai Observatori Hong Kong yang menyampaikan hal-hal mengenai meteorologi.

Bagaimana rute ke Lion Rock? Sebenarnya rute ke Lion Rock dapat ditempuh melalui beberapa jalur, namun bagi saya yang paling mudah adalah dari MTR Wong Tai Sin. Rute ini sangat mudah dijangkau dan pada awalnya tidak begitu menanjak namun tetap harus ekstra hati-hati dan simpan tenaga Anda sampai puncak.
Rute : MTR Wong Tai Sin Exit B3, kemudian pilih jalur kanan sampai Anda menemukan terminal mini bus. Setelah itu Anda dapat mengikuti jalan Shatin Pass Road sampai pada start point perjalanan.

No comments:

Post a Comment