Tuesday, August 30, 2016

Eksplor Lamma Island


Lamma Island adalah pulau terbesar ketiga di Hong Kong, yang merupakan tempat yang sangat menarik untuk menikmati keindahan alami Hong Kong serta berbagai macam makanan laut dengan jenis yang beraneka ragam. Lamma Island dikenal sebagai pulau lepas pantai berbentuk Y yang sangat mudah dijangkau. Lokasi ini merupakan salah satu dari beberapa destinasi yang masih memegang erat tradisi kuno atau tradisional dalam aktifitas pelayaran/nelayan. Pulau ini dikelilingi oleh pasir putih dengan kombinasi air laut yang membiru, bersebelahan dengan perbukitan dan hiking trail. Tidak lupa pula, Anda perlu mencicipi kuliner khas pulau ini. Tidak heran jika banyak penduduk lokal maupun turis yang menghabiskan waktu libur mereka dengan menikmati dan bersantai di tepi pantai setelah berhari-hari disibukkan aktifitas rutin bahkan ada yang sengaja datang hanya untuk menunggu matahari terbenam.

Lamma terletak hanya 3 km di lepas pantai barat selatan Pulau Hong Kong. Lamma Island dikenal juga sebagai pulau turbin angin karena di daerah ini terdapat pusat turbin angin dan soliter yang belum lama dibangun. Dahulu pulau ini sangat jarang dijamah oleh wisatawan, mereka lebih memilih ke Cheung Chau atau Peng Chau yang lebih terkenal dibanding Lamma Island. Namun seiring dengan perubahan dan perhatian pemerintah Hong Kong, pulau ini justru menjadi daftar pulau yang sering dikunjungi warga lokal maupun turis untuk saat ini. Lamma Island terdiri dari dua wilayah yaitu Yung Shue Wan dan Sok Kwu Wan. Lamma dalam bahasa Cina berarti "cabang pohon selatan" dan Pulau Lamma pada awalnya dikenal sebagai "Bok Liu Chau". Pulau ini sudah di huni sejak jaman sejarah yakni zaman perunggu meskipun tidak diperjelas secara rinci.Terdapat armada penangkapan ikan yang beroperasi di dekat pelabuhan. Karena sejak dulu penduduk bekerja sebagai nelayan, sebagian penduduk juga banyak yang mendirikan restoran di sepanjang jalan menuju objek wisata.


Salah satu pelabuhan Lamma Island

Yung Shue Wan, merupakan desa yang berseberangan dengan Sok Kwu Wan dimana di wilayah ini terkenal dengan Family Trail yakni jalur beton sepanjang 3 km yang memakan jarak tempuh 60-70 menit. Sepanjang Family Trail ini, Anda berkesempatan menjelajahi pulau dan disisi-sisi jalanan Anda akan menemukan restauran dan toko-toko kecil yang menjajakan berbagai macam barang. Jika Anda ingin mendaki perbukitan di sekitar Lamma Island, maka pilihlah jalur Long Tsai Tsai Tsuen atau Anda juga bisa berbelok menuju pantai Hung Sing Ye. Pantai Hung Shing Ye merupakan pantai populer berpasir yang sebagian sisi nya terlindung oleh pohon. Disana terdapat cafĂ©, area barbeque, ruang ganti, kamar mandi dan toilet. Pantai menjadi ini sangat ramai selama akhir pekan dan liburan.

Selain pantai Hung Sing Ye, terdapat juga pantai Lo So Shing yang menjadi objek pengunjung musim panas meskipun hanya sekedar untuk berjemur atau bersantai dengan keluarga. Selain itu Anda bisa menuju ke Kamikaze Cave yang konon katanya lokasi tersebut menjadi tempat persembunyian penduduk untuk melarikan diri dari pembunuhan pada masa perang dunia II ketika Sekutu menempati Hong Kong. 

Sementara di wilayah Sok Kwu Wan terkenal dengan Tin Hau Temple yang dibangun 1826 dan diperbaharui pada tahun 2004. Tin Hau Temple ini merupakan satu dari tiga candi yang ada di Lamma Island yang lainnya berada di Luk Chau Shan dan Lung Shue Wan. Jika Anda memasuki kawasan Sok Kwu Wan, tentunya kuliner menjadi salah satu list dalam agenda perjalanan Anda. Rainbow Seafood Restaurant adalah salah satu restoran yang terkenal yang menyajikan berbagai jenis menu makanan yang tentunya sayang untuk dilewatkan. 


Rainbow Seafood Restaurant

Setelah menikmati lezatnya masakan di Rainbow Seafood Restaurant, jangan lewatkan perjalanan Anda untuk mengunjungi kampung nelayan di Sok Kwu Wan. Dengan ribuan papan kayu sebagai lantainya, Kampung Nelayan ini dibangun pada tahun 2007 dengan tujuan untuk menampilkan budaya nelayan lokal dan sejarah industri perikanan di Hong Kong. Di Kampung Nelayan ini terdapat kapal naga tradisional, ruang pameran, bilik-bilik sebagai rumah nelayan, rakit dan jala untuk. Anda juga dapat bergabung dalam kegiatan yang diadakan oleh tim Kampung Nelayan seperti cara melempar jaring, memancing tanpa pancing dan lain-lain. Anda dapat membeli tiket untuk ke Kampung Nelayan di stan jalan utama Sok Kwu Wan atau di pelabuhan Sok Kwu Wan no. 1 khusus untuk kapal cepat (bukan ferry). Ada dua jenis tiket masuk yaitu Premium Ticket dengan harga 98 HKD (78 HKD untuk anak-anak & manula) yang didalamnya termasuk tiket permainan, snack dan gratis voucher. Jenis tiket lainnya yaitu Full Day Ticket dengan harga 60 HKD (50 HKD untuk anak-anak dan manula). 


Pemukiman di Lamma Island

Setelah menghabiskan waktu untuk mengintip aktifitas nelayan, saatnya untuk berpindah lokasi dimana terdapat turbin yang terkenal di Lamma Island. Lamma Winds adalah turbin dengan tenaga 800kW yang dioperasikan oleh Hong Kong Electric sejak tahun 2006 yang merupakan station tenaga angin pertama di Hong Kong. Lamma Winds terletak di Tai Ling tepatnya di sisi timur-utara pulau. Bagian dasar merupakan pusat pameran yang menampilkan bagaimana kinerja turbin. Lokasi ini dibuka gratis untuk umum mulai pukul 7 pagi - 6 sore. Untuk menuju Lamma Winds sangat mudah yakni dengan mengikuti jejak dari Yung Shue Wan ke Sok Kwu Wan, setelah melewati pos polisi kemudian berjalan menanjak mengikuti arah ke Lamma Winds dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit. 


Lamma Winds

Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Dalam waktu kurang dari satu jam, Anda sudah dapat menikmati indahnya Lamma Island dan sekitarnya. Perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kapal dari Central Ferry Pier no. 4 atau dari Aberdeen, Hong Kong Island. Ada dua pelabuhan terpisah menuju Lamma Island yaitu pelabuhan Yung Shue Wan dan Sok Kwu Wan. Waktu perjalanan sekitar 27 menit menuju Yung Shue Wan dan 30-40 menit sampai Sok Kwu Wan. Semangat berlibur...



No comments:

Post a Comment