Wednesday, December 14, 2016

Ocean Park Hong Kong

Wisata ke Hong Kong memang sangat menarik untuk dikunjungi, terlebih saat ini lagi nge-hits banget explore wisata baik di dalam maupun luar negeri. Berbagai sosial media saat ini di penuhi dengan foto dan video jalan-jalan, bahkan banyak juga produsen berbagai produk yang mengadakan kompetisi di sosial media dengan hadiah utama jalan-jalan di dalam atau ke luar negeri. Siapa coba yang nggak tertarik? 

Salah satu objek wisata yang populer di Hong Kong adalah Ocean Park, kalau di Indonesia seperti Dufan. Terletak di Wong Chuk Hang tepanya berdekatan dengan Aberdeen di sisi selatan Hong Kong Island. Ocean Park dibuka pada tahun 1977 sebagai taman wahana prmainan pertama di Hong Kong. Taman ini menempati luas area lebih dari 87 hektar dengan menggabungkan berbagai atraksi, hiburan, konservasi dan pendidikan.


Ocean Park Hong Kong

Buat kamu yang takut akan ketinggian, jangan khawatir di Ocean Park tersedia atraksi dari level rendah sampai ekstrem. Kalau saya sih cukup "medium" aja sesuai dengan size baju, itu pun jantung rasanya udah mau pisah dari badan,  ngeri-ngeri sedap. Tapi saya nggak kapok meskipun harus di sogok obat setelah naik roller coaster. Bagaimana tidak, P3K komplet di ransel saya untuk menghindari puyeng dan muntah-muntah. 

Dengan area yang begitu luas, pastinya kamu bingung mau apa dulu yang di naikin atau ditonton. Nggak perlu bingung, pihak Ocean Park menyediakan map dan juga kupon diskon di restoran-restoran tertentu. Ocean Park terdiri dari 2 bagian besar yakni The Waterfront dan The Summit, dari dua bagian area ini terbagi menjadi beberapa sub area dengan berbagai permainan, atraksi binatang, restoran, akuarium dan sebagainya. 


Station kereta menuju The Summit are

Setelah tiba di lokasi, kamu bisa langsung menuju pintu masuk dari dua arah yaitu sebelah kanan dan kiri. Untuk jalur kiri tepatnya dari jalur taksi, dan sebelah kanan dari jalur bus. Saat ini akses ke Ocean Park hanya dapat ditempuh melalui taksi, mini bus maupun bus umum. Namun, pemerintah memastikan bahwa pembuatan jalur kereta api ke Ocean Park akan rampung pada tahun 2016 dan resmi di buka tahun depan. 

Sebelum mamasuki area, pengunjung harus melalui petugas pemeriksaan barang bawaan karena pihak Ocean Park melarang untuk membawa makanan dari luar. Pengunjung hanya diperbolehkan membawa air mineral (dalam botol pribadi, bukan botol kemasan), permen, dan snack dalam jumlah yang terbatas. Kebiasaan orang Indonesia ke objek wisata bawa bekal nasi campur dan sebangsanya, jangan gitu ya hehehe... harus taat peraturan. 

  
Pemandangan wilayah Aberdeen dari Ocean Park


salah satu panda yang dipelihara di rumah panda

 
Setelah melewati security gate, langsung antri di pembelian tiket pada konter yang berwarna hijau. Untuk konter yang berwarna kuning khusus bagi pengunjung dengan sistem booking tiket. Harga tiket bagi orang dewasa 385 HKD, anak-anak (3-11 th) 193 HKD, dan untuk balita gratis. Ocean Park juga sering memberikan diskon tiket pada hari-hari tertentu, bahkan mereka memberikan fasilitas gratis tiket masuk pada hari ulang tahun pengunjung. Dengan catatan, pengunjung harus datang pada tanggal ulang tahunnya dengan menunjukkan identitas yang valid. 

Tiket diberikan lengkap dengan map dan kupon restoran yang terdiri dari beberapa menu mulai diskon 10-50 dolar. Setelah melewati security checking, artinya kamu sudah berada di Waterfront area. Di lokasi ini terdapat berbagai toko souvenier, akuarium, rumah panda dan beruang, beberapa toko makanan dan minuman, terminal kereta gantung dan station kereta api untuk menuju ke Summit area.


Jenis ikan yang ada di area Goldfish Treasure



Add caption

Jarak perjalanan dari Waterfront ke Summit area hanya memerlukan waktu 15-20 menit, yang membuat lama adalah waktu antri kereta api atau kereta gantung. Untuk dapat menikmati dua alat transportasi ini, kamu bisa memilih pagi berangkat naik kereta api kemudian baliknya naik kereta gantung. Meskipun antrian panjang, tapi jalur kereta ini sangat cepat. Memasuki The Summit, kamu bisa memilih berbagai permainan yang menarik mulai dari roller coaster dengan 3 level yang berbeda, atraksi lumba-lumba, air terjun, kapal goyang, Ocean Park Tower dan sebagainya. 


Dekorasi toko-toko di Ocean Park tampak seperti Hong Kong pada masa lalu.

Selain dipenuhi dengan wahana permainan dan atraksi serta taman edukasi, Ocean Park juga menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para pengunjung seperti tempat ibadah, P3K, rental stroller, rental kursi roda, dan juga tempat penyimpanan koper atau barang bawaan yang tidak diperbolehkan di bawa masuk.


Transportasi:
1. Dari Central, Admiralty dan Wan Chai bisa naik bus dengan nomor: 6A, 6X, 260, 70, 75, 90, 97 dan M590.
2. Dari Causeway Bay naik bus di belakang perpus dengan nomor: 72, 72A, 92, 96, 592, 65 atau bisa juga naik taxi dari sekitar $60.
 

No comments:

Post a Comment