Wednesday, September 7, 2016

Tai O: Kampung Nelayan di Hong Kong

Di Indonesia yang terkenal sebagai negara kepulauan dengan wilayahnya perairan yang cukup luas, sudah merupakan hal yang biasa jika penduduknya juga sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Namun bagaimana dengan Hong Kong? Negara bagian China ini memiliki luas wilayah yang sangat kecil namun termasuk dalam kategori negara maju. Hong Kong memiliki beberapa lautan lepas diantaranya Mui Wo, Tai O, Lamma Island, dan Lantau Island.

Tai O merupakan sebuah laut lepas pantai yang terletak di barat pulau Lantau dimana terdapat sebuah desa yang indah, dengan dominan rumah panggung tradisional sebagai ciri khas penduduk China bagian selatan. Lokasi ini adalah salah satu tempat yang tersisa di mana Anda masih bisa melihat penduduk lokal khas China Selatan dengan berbagai aktivitas mereka. Dengan panorama yang cantik pantai ini dibingkai oleh pegunungan, berbagai aktivitas di sekitar pelabuhan, pasar makanan laut tradisional, dan kehidupan sehari-hari di rumah panggung. Tidak heran jika tempat ini menjadi incaran para potografer untuk mengabadikannya sebagai koleksi perjalanan di Hong Kong.




Lokasi Tai O sangat berdekatan dengan Big Budha, yang merupakan ikon objek wisata di Hong Kong. Pada jaman dahulu Tai O menjadi pusat perdagangan hasil laut namun seiring berjalannya waktu hal kegiatan ini berpindah ke lokasi yang lebih strategis mengingat lokasi Tai O jauh dari pusat kota dan harus menempuh perjalanan yang lama. Namun bagi penduduk setempat, Tai O merupakan tempat yang special bagi mereka dimana banyak pengunjung yang berdatangan baik untuk sekedar menikmati daerah sekitar atau untuk membeli produk khas Tai O. Barang tersebut diantaranya berbagai macam makanan laut (seafood) yang sudah dikeringkan mulai dari ebi, ikan asin, teri, pasta udang, dan berbagai macam binatang laut segar lainnya. Mereka juga menjual berbagai jenis pernak-pernik atau hiasan berbentuk mutiara, patung budha, batu giok, cincin dan barang lainnya.



Selain terkenal dengan jenis makanan laut, Tai O juga sangat populer dengan rumah panggung atau rumah apung yang ada di sekitar pemukiman penduduk. Rumah dengan gaya tradisional di sepanjang tepi pantai dan muara, ada juga restoran yang menyajikan berbagai menu khas Tai O khususnya makanan laut. Sesampainya Anda di pelabuhan, Anda akan melihat pemandangan dimana nelayan yang sedang beraktifitas mulai dari menjaring, mengumpulkan, dan menjual berbagai jenis binatang laut segar. Pemukiman penduduk ini dihubungkan oleh sebuah jembatan satu-satunya untuk menikmati pemandangan area pedalaman dan terhubung ke Tung Chung melalui hiking trail yang diperkirakan sekitar 6 jam perjalanan mencapai Tung Chung MTR Station.

Hal yang tidak kalah menarik adalah bagi Anda penggemar Kayak atau lebih dikenal dengan istilah Kayaking, Tai O memberikan servis penyewaan perlengkapan Kayak dilengkapi dengan satu pemandu untuk setiap 2 penyewa, perlengkapan keamanan dan termasuk makan siang. Wah, servis yang menarik, bukan? Anda dapat menyewa peralatan Kayak mulai dari pukul 10 pagi setiap harinya. Biaya penyewaan minimal untuk dua orang sekitar 750 HKD untuk 2-3 penyewa. Semakin banyak penyewa untuk tiap grup semakin kecil biaya yang Anda keluarkan. 




Disamping dapat menikmati pemandangan pegunungan, pemukiman tradisional, menikmati lezatnya makanan khas sekitar, atau justru membeli hasil olahan makanan penduduk Tai O, hal yang lebih seru adalah Anda juga berkesempatan melihat lumba-lumba berwarna pink yang dikenal sebagai penghuni lautan pesisir Tai O. Lumba-lumba pink ini merupakan species binatang yang teracam punah namun pemerintah Hong Kong melindungi binatang langka tersebut dengan menerjunkan tim khusus untuk menjaga lumba-lumba dari berbagai gangguan. Bagi Anda penggemar lumba-lumba, ini adalah kesempatan yang cukup menarik untuk dapat menyaksikan langsung pasukan lumba-lumba pink berderetan disepanjang garis pantai, berlompatan atau sekedar mencari makanan ke permukaan.


Anda tertantang untuk berwisata ke Tai O? Lokasi ini sangat mudah dijangkau. Ada beberapa alternatif transportasi yang bisa ditempuh menuju lokasi ini, diantaranya:
1. Dari Ngong Ping Village, kemudian naik bus umum no. 21 yang biasanya beroperasi setiap satu jam atau naik taksi yang ada disebelah terminal. Biaya taksi sekitar 50 HKD.
2. Dari Central MTR Station, Anda dapat menempuh jalur laut melalui Central Ferry Pier no. 6 rute ke Mui Wo kemudian sampai Mui Wo transfer bus no. 1 ke Tai O.
3. Dari wilayah Kowloon, Tung Chung MTR Station exit B kemudian transfer bus no. 11 ke Tai O. Sebagaian pengunjung juga memanfaatkan jasa tour Lantau Island yang didalamnya termasuk eksplor Tai O dan Hong Kong Big Budha.

No comments:

Post a Comment