Sunday, December 6, 2015

Hong Kong Zoological and Botanical Garden


Hong Kong Zoological and Botanical Garden adalah sebuah taman dengan luas area sekitar 5,6 hektar lengkap dengan kebun binatang dan berbagai macam jenis tumbuhan yang tersebar di seluruh lokasi. Taman ini berlokasi di Albany Road, Central, Hong Kong tepatnya di lereng Victoria Peak dengan titik tertinggi 100 meter dan titik terendah 62 meter di atas permukaan laut. Pada awal pembukaan yaitu pada tahun 1871 dikenal dengan nama Botanical Garden, namun seiring berjalannya waktu dengan tujuan untuk melindungi satwa langka maka pada tahun 1975 pemerintah setempat mengganti nama menjadi Hong Kong Zoological and Botanical Garden.

Hong Kong Zoological and Botanical Garden adalah taman dengan fasilitas terbaik di Hong Kong khususnya untuk melakukan beragam kegiatan belajar mengajar di kebun binatang dan hortikultura pendidikan. Tujuan utama dari program pendidikan kebun binatang dan hortikultura adalah untuk memberikan pemahaman tentang hewan, tumbuhan, konservasi, keanekaragaman hayati dan masalah lingkungan baik melalui program pendidikan formal dan interpretasi informal. Beberapa program lainnya yaitu pendidikan pengetahuan mengenai kebun binatang dan pameran serta sering diadakan juga acara memandu para pengunjung untuk mengelilingi taman dan kebun binatang.



Taman ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian barat dan bagian timur. Di bagian timur terdapat Playground, Kandang Burung, Green House, dan Fountain Terrace Garden. Sementara dibagian barat terdapat rumah Mamalia dan berbagai jenis Reptil. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di taman ini diantaranya Taman Burung, Kebun Bambu, Patung Perunggu, Taman Pendidikan, Taman Obat-Obatan, dan berbagai jenis fasilitas lainnya. Beberapa jenis binatang yang bisa kita jumpai disana diantaranya Flaminggo, Kera, Orang Utan dan bermacam-macam jenis Kura-Kura. Sementara untuk jenis tanaman, ada lebih dari 900 jenis tanaman yang sebagian besar bersal dari daerah tropis dan subtropis seperti Palem-Palem, Pohon Karet, Pohon Bambu, Magnolia, Bauhinia dan banyak lagi yang lainnya. Selain beberapa tanaman tersebut, terdapat pula taman obat-obatan di sudut selatan dengan berbagai jenis koleksi tumbuhan yang di khususkan sebagai apotek hidup. Ada pula Green House di batas timur yang di dalamnya dipenuhi dengan lebih dari 150 jenis bunga-bunga yang eksotik seperti anggrek, pakis dan lain-lain.

Akses untuk ke lokasi ini sangat mudah, dulu saya waktu pertama kali ke taman ini saya berjalan melewati Hong Kong Park sampai melewati Peak Tram, Museum kemudian baru menemukan taman karena saya hanya mengandalkan petunjuk "kata teman saya" . Dan kesempatan selanjutnya saya menemukan rute yang cukup mudah yaitu dari MTR Admiralty pilih exit B, kemudian transfer bus no. 12/12M. Perjalanan dari MTR ke lokasi sekitar 30 menit, kemudian turun di bus stop Hong Kong Zoo and Botanical Garden. Jalan mengkuti petunjuk arah, hanya 2 menit maka anda akan sampai di pintu gerbang lokasi. Untuk jalur balik bisa ditempuh dengan transportasi yang sama (bus no 12/12M) kemudian turun di terminal yaitu Central Ferry Pier.

No comments:

Post a Comment