Wednesday, September 14, 2016

The Peak : Hong Kong Landmarks

Selain The Big Budha, Disneyland, dan Ocean Park, objek wisata yang menjadi jargon Hong Kong adalah The Peak. Destinasi The Peak ini adalah lokasi yang harus Anda kunjungi jika berlibur ke Hong Kong. Terletak di 552 meter di puncak Hong Kong Island, tepatnya di Victoria Peak dengan panorama yang spektakuler baik siang maupun malam yang meliputi wilayah Hong Kong Island, Kowloon, sebagian New Territories dan beberapa pulau kecil lainnya yang ada di Hong Kong. Dan di puncak ini banyak berdiri rumah-rumah mewah yang di huni kalangan artis, pejabat pemerintah dan pengusaha terkemuka. Pada musim panas, puncak Victoria Peak ini memiliki suhu yang lebih rendah di bandingkan wilayah lainnya yakni 5 derajat lebih rendah sehingga memberikan hawa yang sejuk dan lembab. Namun sayangnya kadang lokasi ini tertutup oleh kabut yang cukup tebal, saya sarankan jika Anda ingin berkunjung ke The Peak maka carilah waktu dengan cuaca yang cerah. Beberapa area yang dapat Anda kunjungi disana yaitu The Peak Tower, The Peak Galleria and Piazza, Peak Tram, Sky Terrace 428, Victoria Peak Garden, Trick Eye 3D Museum, dan Madame Tussauds.

The Peak Tower

Peak Tower dilihat dari Lugar Road




The Peak Tower
Tempat ini pada awalnya dibangun tahun 1997 namun terjadi perombakan besar-besaran selama dua tahun yakni pada tahun 2005/2006 dan kembali di buka sejak November 2006. Lokasi ini dibuka mulai pukul 7 pagi - tengah malam tanpa di pungut biaya tiket masuk. Hanya saja jika Anda ingin menikmati panorama dari puncak The Peak Tower maka Anda akan mendapatkan tiket untuk naik ke puncak tower yang lebih dikenal dengan Sky Terrace 428. The Peak Tower terdiri dari beberapa lantai yang dipenuhi oleh toko-toko penjual souvenier, toko pakaian tradisional, aksesories, restaurant, dan Madame Tussauds.

The Peak Galleria and Piazza
Bangunan ini terletak berseberangan dengan The Peak Tower. Dengan lebih dari 3 lantai, bangunan ini berisi beraneka macam toko seperti toko souvenir, pakaian, aksesories, perhiasan, pernak-pernik, restoran dan sebagainya. Sementara di lantai 3 terdapat Trick Eye 3D Museum yang dibangun pada tahun 2014.

The Peak Galleria

Peak Tram

Hong Kong Peak Tram adalah sebuah kereta yang merupakan peninggalan sejarah transportasi di Hong Kong yang hingga saat ini masih dilestarikan. Peak Tram menjadi simbol ikonik Hong Kong yang kedua setelah Star Ferry yang berusia lebih dari satu abad. Banyak orang berpendapat bahwa salah satu cara untuk menikmati keindahan alam Hong Kong adalah dengan menaiki kereta ini. Peak Tram adalah kereta yang ditarik ke atas dan ke bawah di sebuah lereng yang curam dengan kabel baja. Ketika menanjak naik, kita seperti hampir berada pada posisi vertikal/miring sepanjang perjalanan selama 10 menit. Rute kereta ini berada di perbukitan dari Central sampai tiba di terminal The Peak Tower. Tarif untuk Peak Tram bervariasi yaitu 28 HKD pergi, 40 HKD pulang (Dewasa), 11 HKD pergi dan 18 HKD pulang (Anak-anak dan manula) namun untuk menghemat Anda bisa menggunakan kartu Octopus dan bebas dari antrian yang panjang. Mereka juga menyediakan paket tiket Combo yang di dalamnya termasuk tiket masuk Sky Terrace 428, Madame Tussauds dan Peak Tram. Paket Combo ini dapat dipesan secara online langsung ke official website The Peak.


Peak Tram


Sky Terrace 428


Tempat ini adalah puncak dari The Peak Tower yang beradapada posisi 428 di atas permukaan air. Dari lokasi ini Anda dapat melihat seluruh wilayah Hong Kong terutama Victoria Harbour. Di puncak ini juga terdapat galeri pameran karya warga lokal yang mendeskripsikan objek wisata di seluruh dunia. Untuk dapat menikmati pemandangan dari puncak Sky Terrace 428, Anda harus membeli tiket seharga 48 HKD untuk dewasa dan separuh harga untuk anak-anak. Tempat ini juga menjadi objek bagi potografer yang ingin mengabadikan berbagai foto natural baik landscape maupun cityscape dan melatih kreatifitas mereka.


Pemandangan dari puncak Sky Terrace 428

Madame Tussauds

Setelah mengelilingi area The Peak Tower, jangan sampai Anda melewatkan objek wisata yang satu ini yaitu Madame Tussauds Waxworks. Lokasi ini tepat berada di lantai 2 Peak Tower, bersebelahan dengan toko souvenir, toko baju tradisional Dinasti Tang dan cafe. Madame Tussauds adalah museum patung lilin yang memamerkan beberapa public figure yang populer di dunia. Pendiri Madame Tussauds adalah seorang seniman warga negara Perancis yang terkenal dengan produk lilinnya di dunia. Pusat museum patung lilin ini ada di London. Madame Tussauds Hong Kong resmi di buka pada tahun 2000 dan merupakan satu-satunya Madame Tussauds di Asia yang menampilkan 100 patung lilin selebritis.

patung lilin Bruce Lee 


Elvis Presley

Setelah mengalami renovasi pada tahun 2005-2006, Madame Tussauds Hong Kong tampil dengan desain yang lebih menarik dilengkapi dengan audio dan kegiatan interaktif. Museum patung lilin ini dibagi menjadi 5 kategori yakni Hong Kong Glamor, Ikon Musik, Sejarah dan Pahlawan Nasional, World Premiere, dan World Champions. Hong Kong Glamor menampilkan selebritis dunia seperti Andy Lau, Brad Pitt dan Angelina Jollie. Sementara kategori Ikon Musik ada beberapa legenda musik terkenal seperti Michael Jackson, Elvis Presley dan lain-lain. Dalam Sejarah dan Pahlawan Nasional, Anda akan menemukan patung presiden no. 1 Indonesia yakni Ir. Soekarno, ada juga Mahatma Gandhi, Presiden Bush dan lainnya. Untuk kategori World Premiere menampilkan artis-artis Hollywood yang populer sementara World Champions menampilkan atlet-atlet peraih medali emas dalam berbagai event olahraga dunia. 

Akses transportasi ke objek wisata ini sangat menyenangkan menggunakan Peak Tram namun tentunya ada jalur alternatif yang mudah terlebih didukung dengan transportasi di Hong Kong yang sangat maju. Namun Anda harus mencoba untuk naik Tram ini walaupun hanya sekali/sejalan. Tetapi di akhir pekan, jalur Peak Tram akan sangat padat dan antrian akan cukup panjang. Ada beberapa jalur alternatif ke The Peak, diantaranya:

1. Taksi, dengan mengendarai taksi dari Admiralty MTR Station sekitar 50 HKD. Biaya ini akan sangat ringan apalagi jika Anda berpergian bersama rombongan jadi biaya taksi bisa ditanggung bersama.

2. Bus Umum no. 15. Jalur bus ini akan melewati beberapa halte bus yaitu Admiralty MTR Station Exit C, Central Ferry Pier dan Hong Kong Station Exit D (Interchnage Square). 

No comments:

Post a Comment