Thursday, September 22, 2016

Hong Kong Wetland Park

Dibuka pada bulan Mei 2006, Hong Kong Wetland Park mencakup seluas 61 hektar lahan basah kawasan cagar alam di pinggiran Tin Shui Wai di barat-utara wilayah New Territories berdekatan dengan perbatasan China Daratan. Hal yang lebih menarik adalah lebih dari 3 juta pengunjung selama lima tahun pertama beroperasi. Taman ini meliputi rawa-rawa air tawar, sungai, hutan bakau, lahan pertanian, tambak, taman kupu-kupu, jembatan yang mengambang di atas rawa, rumah burung, buaya dan sebagainya. Setelah Anda membeli tiket seharga 30 HKD, Anda akan memasuki gedung dengan dua lantai yang di desain sedemikian rupa untuk layanan wisata edukasi dan pengetahuan. Dalam gedung ini terdapat galeri yang menampilkan ilustrasi konsep lahan basah di sebelah utara dan wisata budaya buatan di sebelah barat. 

loket pembelian tiket ke Wetland Park

Pusat Pengunjung

Ada juga "Wetland Challenge" yaitu zona dengan serangkaian permainan interaktif di mana pengunjung dapat melaporkan langsung di "Wetland Television" dan mengeksplorasi isu-isu serta keterangan bagaimana untuk melindungi sumber daya alam bumi. Pusat Pengunjung juga memiliki sebuah teater yang menampilkan film pendek tentang Wetland Park dan pusat sumber daya alam.

Misi dari Hong Kong Wetland Park adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, pengetahuan dan pemahaman tentang nilai-nilai yang melekat pada lahan basah di seluruh wilayah Asia Timur dan sekitarnya, dan untuk mengumpulkan dukungan publik dan aksi konservasi lahan basah. Hong Kong Wetland Park juga akan menjadi fasilitas ekowisata kelas dunia untuk melayani penduduk setempat dan wisatawan luar negeri.

Adapun beberapa fasilitas yang disediakan bagi pengunjung di Wetland Park diantaranya Information Counter yang terletak di atrium pusat pengunjung, Anda juga bisa menyewa loker untuk penyimpanan barang bawaan selama berkunjung. Kemudian ada audio gratis yang menginformasikan interpretasi secara otomatis saat Anda berkunjung dilengkapi dengan bahasa Cantonese, Putonghua, Inggris, Jepang dan Korea. Selain itu terdapat pula teater, ruang multi fungsi, ruang khusus balita, cafe dan toko souvenier.

Frozen North

Sementara di area Visitor Centre, Anda akan menemukan berbagai fasilitas dan pameran yang menarik untuk Anda kunjungi seperti Metal Origami yang merupakan instalasi yang direplikasikan dengan ketrampilan tradisional kertas lipat China. Kemudian ada Oyster Shell Wall yaitu instalasi yang terbuat dari ribuan kulit kerang yang di ambil dari budidaya oyster di Lau Fau Shan. Selanjutnya ada Eco Maze, Sculptural Arts, Wall Relief dan 3D Trick Art. 

Di pintu masuk ke Wetland Reserve ada sebuah taman habitat buaya dan kolam renang yang merupakan hunian bagi "Pui Pui" buaya air asin, konon diyakini menjadi hewan peliharaan ilegal yang dibuang karena tumbuh terlalu besar menurut sang pemiliknya. Buaya ini ditemukan di sunga Pui Shan di bagian barat-utara New Territories pada bulan November 2003. Namun lolos dari penangkapan oleh pemburu buaya dari Australia dan China selama tujuh bulan sebelum jatuh ke perangkap yang diletakkan oleh Departemen Pertanian & Perikanan Pemerintah Hong Kong. Pui Pui, yang berarti "Precious One" saat itu dipelihara sementara di Kadoorie Farm and Botanic Garden selama dua tahun kemudian di pindah ke Wetland Park pada tahun 2006.


Eco-Maze

Hong Kong Wetland Park membawa Anda mengenal berbagai keanekaragaman hayati yang luar biasa. Di area Wetland Reserve, Anda akan menjumpai burung, berbagai jenis capung dan kupu-kupu di musim semi dan musim panas. Kemudian ada sejumlah itik dan burung laut di musim gugur dan musim dingin. Namun, beberapa makhluk hampir tidak terlihat. Dengan melihat lebih dekat, Anda bisa mendapatkan tanda-tanda kehidupan, atau mungkin mereka hanya menyembunyikan diri di sudut untuk melihat Anda!

Perjalanan Anda mengelilingi Wetland Reserve sangat menyenangkan dengan adanya Walk Stream, yakni jalan yang terbuat dari kayu di atas air sepanjang ratusan meter yang menghubungkan perairan dan daratan di area Wetland Reserve. Sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan panorama yang apik, tidak heran jika lokasi ini menjadi media pemotretan bagi penggemar dunia fotografi. Beberapa tanaman yang tumbuh di Wetland Reserve seperti mangroves, tanaman air tawar, tanaman obat-obatan dan lain-lain.


Wetland Reserve





Hong Kong Wetland Park bertujuan mempromosikan fungsi dan nilai-nilai dari lahan basah, dan pentingnya melestarikan lingkungan. Taman ini menawarkan berbagai kegiatan pendidikan, memungkinkan pengunjung untuk belajar tentang pengetahuan tentang lahan basah dengan cara hidup, dan menghargai keindahan sawah satwa liar yang berbeda. Tempat ini juga menyelenggarakan kegiatan rutin dan lokakarya bagi pengunjung individu dan keluarga. Selain itu, taman di atur sesuai program tematik dan acara khusus dari waktu ke waktu. Kegiatan ini meliputi pembicaraan, melihat satwa liar, kompetisi, drama dan workshop seni.

Selain itu Wetland Park juga menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk sekolah, melayani guru dan siswa dari taman kanak-kanak sampai sekolah menengah. Program kegiatan sekolah ini meliputi tur, pameran, kegiatan penjangkauan, workshop guru dan program kemitraan. Lokasi ini juga menawarkan layanan pra-pendaftaran tur untuk kelompok, membantu kelompok untuk mengatur perjalanan mereka ke area Wetland Reserve dengan aman dan nyaman. 

Bagaimana akses ke lokasinya? Jangan khawatir, rute perjalanan ke lokasi ini sangat mudah bisa ditempuh melalui jalur kereta api maupun bus umum. Namun disarankan untuk menggunakan kereta api selain cepat, lokasi juga mudah dijangkau dari stasiun kereta. 

1. MTR - Ambil West Rail Line jurusan ke Hung Hom, kemudian pindah ke jurusan Yuen Long. Lalu di Tin Shui Wai Station, Anda harus keluar di exit E kemudian naik kereta circular service no. 706/705 turun di Wetland Park Station.

2. BUS - Citybus no. 967 dari Admiralty Bus Station (West) di Hong Kong Island setiap 20 menit via Statue Square, Connaught Road Central dan The Western Harbour Tunnel jurusan Tin Yan Estate di Tin Shui Wai, turun di Wetland Park, Wetland Park Road (perjalanan kurang lebih 50 menit dari MTR Admiralty).


No comments:

Post a Comment