Tuesday, August 2, 2016

Tung Lung Chau Island bagi pecinta Panjat Tebing

Hong Kong, salah satu negara yang memiliki area hiking trail cukup banyak mulai dari yang super ekstrem sampai yang sangat mudah untuk dijangkau. Hong Kong terdiri dari beberapa wilayah yaitu Hong Kong Island, Kowloon Peninsula dan New Territories dan lebih dari 200 lautan lepas pantai. Tung Lung Chau merupakan salah satu laut lepas pantai yang berada di kawasan Hong Kong Island tepatnya di daerah Sai Wan Ho. Lokasi ini terkenal dengan tebing yang terjal dan kasar tetapi memberikan kesan yang cukup menantang. Sebagian besar orang yang datang ke objek wisata ini menganggap Tung Lung Chau adalah tempat yang terbaik untuk melakukan panjat tebing dengan berbagai ketinggian yang ekstrem dan memicu adrenalin. Selain panjat tebing, pengunjung disini juga sering mengadakan camping/perkemahan. Tidak sedikit juga warga lokal yang datang ke Tung Lung Chau hanya sekedar untuk piknik bersama keluarga. Hal lain yang menarik dari Tung Lung Chau adalah terdapat batu raksasa yang tertua di Hong Kong ketika Anda berjalan menyusuri bukit sebelum Anda tiba di lokasi utama. Batu raksasa ini menyerupai bentuk naga yang usianya diperkirakan lebih dari 5.000 tahun.


Tung Lung Chau sangat mudah dijangkau, hanya dengan berjalan 20 menit dari dermaga Anda dapat menikmati pemandangan yang cukup menarik. Pastikan Anda mengecek perkiraan cuaca supaya tidak dikecewakan karena cuaca yang buruk. Sayang kan jika sudah melakukan perjalanan jauh harus digagalkan hanya karena cuaca yang kurang bersahabat. Perjalanan menuju lokasi ini dapat ditempuh dari pelabuhan pertama dan pelabuhan kedua, dari pelabuhan pertama diperkirakan menempuh waktu 30 menit. Walaupun jalan menuju bukit sangat mudah, Anda harus berhati-hati dengan semak dan belukar yang berduri dan pada musim hujan jalan ini akan lebih licin. Di pelabuhan kedua ini Anda akan menjumpai beberapa pengunjung yang membawa hewan peliharaan seperti anjing. Mereka memandikan anjing sekaligus mengajari berenang, bagi yang memelihara anjing mungkin ini akan menjadi tempat yang cukup menarik bagi hewan kesayangan Anda. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sekitar laut lepas pantai, terdapat pula area lapangan golf yang berseberangan dengan Tung Lung Chau. Pemerintah Hong Kong sangat peduli dengan berbagai objek wisata hal ini terlihat seperti di Tung Lung Chau yang difasilitasi dengan adanya perapian untuk barbeque, bangku dan meja, papan informasi, tempat sampah, toilet umum dan paviliun. Jika Anda ingin melakukan panjat tebing, ada beberapa penduduk lokal yang menyediakan jasa sewa perlengkapan disertai dengan pemandu.


 


Setelah melakukan perjalanan panjang lelah, dahaga, dan lapar tentunya akan menjadi problema jika tidak membawa bekal. Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini, tepat di sebelah pelabuhan kedua Anda akan menemui kawasan rumah penduduk yang di khususkan sebagai kios. Mereka menjajakan beberapa jenis makanan bagi pengunjung seperti minuman bersoda, lemon tea, mie kuah, roti panggang, ayam goreng dan beberapa jenis makanan lainnya. Namun Anda harus mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk membeli makanan di kios tersebut karena mereka mematok harga di atas harga standar.

Cukup menarik untuk di kunjungi, bukan? Bagaimana cara menuju kesana? Perjalanan menuju lokasi sangat mudah apalagi didukung dengan transportasi di Hong Kong yang sangat modern. Mayoritas penduduk Hong Kong lebih banyak menggunakan fasilitas MTR sebagai alat transportasi meskipun banyak transportasi lain seperti bus umum, mini bus, taksi dan tram. Jalur termudah menuju Tung Lung Chau adalah melalui MTR Sai Wan Ho Exit A, kemudian Anda mengambil arah jalan ke kanan lurus sampai melewati 2 kali lampu lalu lintas dan Anda akan menemui pelabuhan ke Tung Lung Chau setelah lampu lalu lintas kedua. Harga tiket untuk dua kali perjalanan berkisar antara 45-55 HKD untuk dewasa dan anak-anak (non resident) dan 39 HKD untuk resident baik dewasa maupun anak-anak. Sementara untuk anak-anak dibawah 3 tahun tidak dikenakan biaya dan bagi Anda yang membawa binatang peliharaan dikenai biaya 20 HKD setiap ekornya sama halnya dengan pengunjung yang membawa sepeda juga dikenai biaya 20 HKD/sepeda. Jadwal keberangkatan kapal pun berbeda antara hari kerja dan hari libur, biasanya hari kerja jadwal kapal pertama pukul 9 pagi sedangkan untuk hari libur pukul 8.30 pagi. Untuk jadwal terakhir kapal dari Tung Lung Chau baik hari kerja maupun hari libur sama yakni pukul 5 sore. 

Nah, jangan lewat kan kesempatan waktu liburan Anda dengan momen yang tak terlupakan. Alam memang selalu memberikan daya magnet bagi para penikmatnya, suasana gemercik air dan sejuknya hembusan angin memberikan magic tersendiri. Semakin Anda menikmatinya maka semakin dalam pula keinginan untuk menjelajahi alam semesta. Selamat berlibur...



No comments:

Post a Comment