Saturday, August 27, 2016

Hong Kong Disneyland Resort: Mengintip Dunia Kartun Disney

Apa sih yang pertama kali terbayang jika mendengar kata "Hong Kong"? Kalau saya pribadi sih langsung ingat Andy Lau, Chou Yun Fat. Mereka adalah dua dari beberapa aktor Hong Kong yang populer dan melekat di memori kepala saya karena kerap tampil di film yang disiarkan di televisi Indonesia. Tapi bagaimana dengan objek wisata? Hal pertama yang saya ingat adalah Disneyland, Patung Budha, dan Ocean Park. Objek wisata tadi merupakan ikon Hong Kong yang sudah menjadi ciri khas dimana banyak pengunjung yang rela menghabiskan liburan di Hong Kong. 


Gerbang masuk Disneyland Hong Kong


Hong Kong Disneyland terletak di daerah pesisir yang indah dengan latar belakang gunung di Penny Bay, Pulau Lantau yang dibuka pada tahun 2005. Taman ini dimiliki oleh Hong Kong International Theme Park, kerjasama perusahaan antara Pemerintah Hong Kong dan Walt Disney Company. Hong Kong Disneyland Resort merupakan taman wisata yang identik dengan tokoh-tokoh kartun Disney seperti Mickey Mouse, Minnie Mouse, Donald Duck, Princess Elsa & Anna (Frozen), Pocahontas, dan masih banyak yang lainnya. Hong Kong Disneyland Resort adalah taman wisata bertema Disney kelima yang dibuka dan yang kedua di Asia, yang pertama ada di Tokyo, Jepang. Sebelumnya ada Disneyland Park di Anaheim, California kemudian disusul Walt Disney World di Orlando, kemudian yang terakhir adalah Disneyland Paris.

Ketika memasuki area Disneyland, Anda akan disambut oleh theme song Disneyland yang khas. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan iringan musik yang beragam. Jangang lupa untuk selalu mengambil guide map yang disediakan oleh penjaga loket dan penjaga toko, karena ini sangat membantu Anda untuk menjelajah area Disneyland yang tergolong sangat luas. Banyak atraksi dan permainan yang dapat Anda nikmati di setiap area yang berbeda. Adapun beberapa area khusus tersebut yakni Main Street U.S.A, Fantasyland, Adventureland, Tomorrowland, Mystic Point, Grizzly Gulch, dan Toy Story Land.





Sebagai salah satu ikon objek wisata Hong Kong, tentunya lokasi ini memberikan daya magnet tersendiri bagi para pengunjung. Di mulai dari pintu masuk lokasi, Anda akan langsung menikmati pemandangan area yang dikenal Main Street U.S.A dimana disekitarnya terdapat berbagai fasilitas umum seperti Pengunjung ATM, layanan informasi, penyewaan kursi roda dan kereta balita, restoran (chinesse atau western food). Ada beberapa toko snack, Emporium (toko souvenir Disney), pakaian dan berbagai aksesories berbau Disney yang tentunya dibandrol dengan harga yang cukup menguras kantong Anda. Selain itu, terdapat pula station kereta api yang terletak di pintu masuk ke Main Street USA. Kereta api ini beroperasi mengililingi seluruh wilayah Hong Kong Disneyland dengan dua station pemberhentian. Salah satunya ada di area Main Street U.S.A dan Fantasyland. 





Setelah melewati Main Street U.S.A, sepanjang jalan terakhir Anda akan dipertemukan dengan bangunan megah yakni Sleeping Beauty Castle yang ada di area Fantasyland. Sleeping Beauty Castle ini merupakan tempat dinyalakannya kembang api setiap hari. Biasanya kembang api ini akan dinyalakan sekitar pukul 8-9 malam waktu Hong Kong. Jika Anda ingin menyaksikan kembang api, usahakan datang lebih awal karena menjelang sore area Sleeping Beauty Castle akan dipenuhi pengunjung yang hendak menyaksikan kembang api. Selain Sleeping Beauty Castle, beberapa permainan dan pertunjukan yang perlu Anda coba di area Fantasyland diantaranya Mickey’s PhilharMagic 3-D Adventure, Dumbo the Flying Elephant Ride, Cinderella Carousel, Mad Hatter Teacups, The Golden Mickeys, Fantasy Gardens, Adventures of Winnie the Pooh Ride, Snow White Grotto dan “It’s a Small World”.





Selain lokasi-lokasi yang saya sebutkan tadi, ada juga area Mystic Point yang menyuguhkan permainan Mystic Manor, Garden Wonder dan restauran. Ada juga Toy Story Land yang di dalamnya terdapat permainan Toy Soldier Parachute Drop, bagi yang takut ketinggian ini bukan pilihan yang tepat mungkin lebih baik jadi fotografer saja dan ada juga Slinky Dog Spain, RC Racer serta Barrel of Fun bagi Anda yang ingin langsung mendapatkan favorit langsung dengan karakter Toy Story. Lokasi lainnya yang dapat Anda kunjungi yakni Grizzly Gulch, dilengkapi dengan permainan Big Grizzly Mountain Runway Mine Car. Grizzly Gulch merupakan gambaran sebuah kota tua yang mengerikan berada di Amerika bagian barat dilengkapi dengan ilustrasi gunung dan pertambangan, penjara dan juga roller coaster yang baru. 
Lokasi yang tidak kalah keren adalah Adventureland, dimana terdapat objek wisata Tarzan's Tree House, Jungle River Cruise, dan Festival of The King. Anda dapat menikmati pemandangan dari pundak Tarzan's Tree House dengan menaiki perahu rakit sekitar 2 menit karna hanya berseberangan terpisah oleh perairan buatan seperti sebuah sungai yang memisahkan dua tempat. Anda juga dapat manaiki perahu untuk mengelilingi area perairan yang dipandu oleh pemandu wisata untuk melihat replika satwa-satwa liar di sekitar sungai. Sebelum Anda mengunjungi Tarzan's Tree House, tidak ada salahnya jika Anda menonton pertunjukan Festival of The Lion King yakni pertunjukan drama dan tari tentang Lion King. 

Sangat menarik, bukan? Bagaimana akses ke Disneyland Hong Kong? Rute perjalanan ke Disneyland Hong Kong sangat mudah jika ditempuh dengan jalur kereta. Di Hong Kong jalur kereta api menjadi transportasi yang cukup mudah dan tentunya dapat menyingkat waktu perjalanan. Anda dapat mengambil jurusan kereta ke arah Tung Chung/Disneyland Resort, kemudian pindah di Sunny Bay Station dan ambil jurusan ke Disneyland Resort Station. Hanya satu station dari Sunny Bay dan sampailah Anda di Disneyland Resort Station, kemudian Anda akan memasuki area yang merupakan gerbang masuk Disneyland Hong Kong. Anda dapat membeli tiket masuk seharga 550 HKD per orang, kemudian jangan lupa untuk ambil guide map untuk memudahkan liburan Anda.

































































No comments:

Post a Comment