Thursday, October 27, 2016

Hong Kong Railway Museum

Berbicara mengenai sejarah atau history Hong Kong, memang banyak lokasi-lokasi bersejarah yang mendeskripsikan histori Hong Kong pada masa lalu. Sejarah Hong Kong tentunya tidak hanya terfokus pada masa pembentukan negaranya saja melainkan keseluruhan hal yang berhubungan dengan terbentuknya negara Hong Kong hingga pada saat ini.

Kali ini saya akan mengajak kalian untuk mengenal sejarah transportasi di Hong Kong khususnya kereta api. Tidak di pungkiri bahwa Hong Kong adalah negara kecil yang cukup maju khususnya dalam bidang transportasi. Di dukung dengan adanya MTR (Mass Transit Railway) sebagai operator sistem transportasi terbesar di Hong Kong. Kereta api memang menjadi transportsi paling mudah di Hong Kong mulai dari jalur heavy rail, light rail, airport express, sampai dengan MTR bus. 






Hong Kong Railway Museum dibuka pada tahun 1985, tepatnya di Tai Po Market yang merupakan termasuk dalam wilayah New Territories. Museum ini merupakan cabang dari museum sejarah yang menggambarkan sejarah transportasi kereta api lokal, terutama dari Kowloon-Canton Railway yang pada akhir 2007 dimasukkan dalam jaringan MTR. Rute MTR East Rail ini menuju stasiun perbatasan Lo Wu dan Lok Ma Chau, yang terhubung dengan lintas batas ke Guangzhou, Shanghai dan Beijing. Museum ini dibangun dengan gaya tradisional China, yang dihiasi motif seperti kelelawar merah dan burung gagak.

Dalam bangunan stasiun ini  terdapat galeri yang menampilkan pameran kecil, mmengenai aktifitas dan kantor kereta api pada masa lalu. Sementara untuk pameran di luar meliputi lokomotif pengukur uap, lokomotif mesin diesel no. 51, peralatan sinyal dan sebagainya. Ada juga video pendek berjudul "Train" yang diproduksi oleh RTHK pada tahun 1981 (berbahasa Kanton), untuk mempermudah Anda dalam menjelajah sejarah kereta api Hong Kong




Seiring dengan perkembangan jaman, Hong Kong Railway Museum meluncurkan sebuah merek desain baru dalam galeri pameran. Banyak konten yang diperbarui meliputi gambar sejarah dan artefak yang membantu dalam mengisahkan kronologi bagaimana kereta api dikembangkan di Hong Kong. Galeri ini juga memiliki sudut pendidikan yang interaktif untuk meningkatkan pengetahuan para pengunjung museum dan memperluas wawasan mereka tentang kereta api.

Walaupun lokasi museum ini di area terbuka, tetapi para pengunjung juga diharuskan untuk menaati beberapa peraturan. Di beberapa sudut lokasi tertulis jelas bahwa pengunjung di larang untuk makan atau minum di area museum. Selain itu juga tidak diperbolehkan merokok, membawa hewan peliharaan, mengambil video di dalam galeri. Dan untuk kalian yang punya hobi potografi, tidak diperbolehkan membawa tripod di lokasi ini. Tapi kalau untuk sekedar foto masih di perbolehkan.






Dulu saya sempat kesini sebelumnya tapi karna belum puas untuk mengabadikan beberapa spot di lokasi museum, jadi saya kembali berkunjung ke lokasi ini. Untuk kalian yang ingin melihat langsung lokasi museum ini, jangan bingung karna lokasi ini sangat mudah dijangkau meskipun harus berjalan agak jauh dari Tai Po Market KCR Station. 

Rute:
1. Exit A2 dari Tai Po Market Station kemudian berjalan menuju Tai Po Complex, dan ikuti petunjuk arah ke museum sampai melalui Wai Yi Street ke On Fu Road. 
2. Exit B dari Tai Wo Station, belok kanan naik eskalator ke Tai Wo Plaza.Kemudian jalan menuju Oi Wo House dan Kui Wo House, dan ikuti petunjuk arah ke museum melalui Tai Wo Bridge dan Yan Hing Street.
3. Naik mini bus 20A, 20C, 20K dari MTR Tai Po Market, turun di Tai Po Complex. Kemudian jalan melalui Wai Yi Street ke On Fu Road. 
4. KMB Bus no. 72, 72X, 73X, 74X, 75X, 271, dari MTR Tai Po Market lalu turun di Kwong Fuk Road dan kemudian jalan 15 menit ke On Fu Road.


No comments:

Post a Comment