Wednesday, November 9, 2016

Hiking: Kowloon Peak

Hiking memang sudah menjadi life style bagi masyarakat Hong Kong. Terbukti bahwa hiking memang bukan sekedar hobi semata. Terbukti banyak warga lokal yang menjadikan hiking sebagai kebutuhan hidup, bahkan ada yang menerapkan gaya hidup ini sejak dini. Mereka menularkan hobi hiking kepada anak-anak sejak usia dini. Hiking juga menjadi ajang kompetisi bagi sebagian komunitas pecinta hiking. Selain warga lokal, banyak juga warga Indonesia yang merantau ke Hong Kong menggeluti hobi ini. Mereka tergabung dalam beberapa komunitas seperti Indohikers Hong Kong, Indohikers Ladies Hong Kong dan beberapa komunitas lainnya.






Bicara mengenai objek untuk hiking di Hong Kong ini jumlahnya sangat banyak, mulai dari yang trek yang mudah sampai dengan yang sangat ekstrem. Khusus untuk pemula, mungkin bisa mencoba trek yang mudah dulu sebagai pemanasan. Selanjutnya jika sudah terbiasa, bisa memilih trek-trek yang lebih susah. Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan sahabat blogger tentang salah satu trek hiking yang cukup populer yakni Kowloon Peak atau dalam bahasa Kantonisnya disebut Fei Ngo Shan.
 
Kowloon Peak adalah bukit tertinggi dari wilayah Kowloon dengan ketinggian 603m diatas permukaan laut. Puncak ini terletak di utara timur wilayah Kowloon yang memisahkan antara Kowloon dengan Sai Kung. Kowloon Peak memberikan pemandangan yang sangat indah di kawasan Kowloon. Mulai dari persimpangan Fei Ngo Shan Road dan Clear Water Bay Road, Hebe Haven (Pak Sha Wan) di wilayah Sai Kung, Lion Rock dan Tate Ridge serta beberapa wilayah Hong Kong Island yakni Victoria Harbour. Fei Ngo Shan juga menawarkan pemandangan yang spektakuler di malam hari dan titik pandang yang sangat bagus yaitu Symphony of Lights. Beberapa bahkan mengatakan bahwa malam hari di Kowloon Peak lebih mengesankan daripada Tsim Sha Tsui dan The Peak.




Berbeda dengan Victoria Peak, transportasi ke Fei Ngo Shan lebih terbatas karna hanya dapat mobil pribadi dan taksi yang bisa memasuki wilayah sampai start point. Selain itu, sepanjang jalan juga tidak ada kios dan toilet dadakan. Jadi pastikan membawa bekal selama perjalanan dan tentunya dengan persediaan air yang cukup.

Jalan menuju puncak ini bisa ditempuh dari berbagai arah. Empat jalan menuju puncak berpotongan seperti-bentuk salib ketika melihat dari atas. Pertama jejak dari arah timur yakni berlawanan dengan jalan setapak menuju Pak Fa Lam. Kedua, dari paviliun dekat Tung Shan. Ketiga, dari jalur barat terletak di JATS Incline. Keempat, dimulai dari Fei Ngo Shan Road, merupakan jalur paling sulit dan dikenal sebagai "Suicide Cliff". Jarak tempuh perjalanan ke Kowloon Peak diperkirakan 2,5 jam pendakian, cukup singkat kan?




Kowloon Peak, selain mempunyai panorama yang spektakuler dari puncak terdapat pula menara cuaca yang di khususkan untuk mendeteksi cuaca di wilayah Kowloon. Selain itu ada juga landasan helikopter (helipad) yang berada tepat di sebelah menara tersebut. 


Semakin penasaran kan? Perjalanan untuk sampai puncak Fei Ngo Shan ini diperkirakan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Ukuran waktu ini tergolong cepat dan mudah. Biasanya yang termasuk rute medium, jarak tempuh bisa mencapai 6 jam perjalanan untuk sampai lokasi. 

Rute: Diamond Hill Exit B, kemudian cari mini bus no 1 turun di Clear Waterbay Road. Untuk perjalanan balik, naik bis no.94 dari Clear Waterbay Road turun di terminal di bawah Hollywood Plaza, Diamond Hill. 

No comments:

Post a Comment