Friday, November 18, 2016

Hong Kong Global Geopark: Po Pin Chau

Hong Kong memang hanya sebuah negara yang sangat kecil bila di lihat dari peta dunia. Namun negara yang masih dibawah administratif pemerintahan China ini, menyimpan berbagai objek wisata alam yang menarik. Mulai dari taman yang didesain sedemikian rupa, banyaknya pantai yang eksotis, bukit dan pegunungan serta wisata buatan yang tidak kalah menarik. Kali ini saya akan mengajak sahabat blogger untuk mengenal lebih dekat salah satu objek wisata di wilayah Sai Kung, Kowloon. Lokasi ini merupakan bagian Hong Kong Geopark yang sangat terkenal yaitu Po Pin Chau.




Po Pin Chau terbentuk karena beberapa tahap. Dikarenakan  besarnya ombak di pantai Fa Shan mengakibatkan erosi progresif pada lapisan batuan hingga terbentuk gua laut. Seiring berjalannya waktu, gua menjadi lebih besar dan lebih dalam dan akhirnya memotong bagian kanan Fa Shan, kemudian membentuk lengkungan laut. Akibat runtuhan dan pemotongan ini maka terbentuklah Po Pin Chau. Selain itu lokasi ini juga terbentuk karena letusan gunung berapi beberapa juta tahun lalu. 



 

Banyak hal-hal yang dapat kita nikmati di lokasi ini. Selain terbentang batuan penangkal ombak, ada juga relief-relief bebatuan dari hasil pengikisan. Selain itu, kita juga dapat menikmati pantai yang cukup bersih.  Nah, pantai ini terdapat di dua lokasi. Pertama di belakang bukit Fa Shan dan yang kedua ada di sebelah kiri bendungan.

Untuk mencapai lokasi ini diperlukan waktu yang lama karna memang cukup. Ketika saya bersama teman-teman memutuskan ke Po Pin Chau, kami memilih taksi menuju start point. Dan memang di lokasi tersebut banyak taksi yang yang mengangkut para pendaki/hikers dari Po Pin Chau atau meninggalkan lokasi. 




Po Pin Chau disebut juga sebagai High Island Geo Trail, yang terletak di High Island Reservoir bagian timur. Tempat ini menyajikan pemandangan mempesona yaitu danau dan puncak perbukitan, serta terdapat juga batu columnar raksasa. Hal ini menjadi daya tarik lokasi khususnya bagi yang ingin mengamati batu heksagonal Hong Kong dari jarak dekat. Situs ini juga dilengkapi struktur geologi dan fitur yang menarik. Setelah sampai di lokasi start point, area ini sangat mudah untuk dijangkau. Kita juga dapat mengunjungi Volcano Discovery Centre of Hong Kong UNESCO global Geopark di Sai Kung Kota untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan memahami kegiatan vulkanik masa lalu di Hong Kong.






Ada yang menarik di lereng bukit Kim Chu Wan, yang dibawahnya terdapat kerikil-kerikil dari endapan laut. Banyak juga pengunjung yang sengaja turun untuk menikmati panorama dari bawah bukit. Nah, di lereng bukit ini terdapat bentuk hati (heart shape) yang bisa kita lihat dengan teliti dari kejauhan. Setelah menikmati beberapa spot di puncak, tidak lupa juga untuk menjelajah bagian timur Po Pin Chau yang juga di kelilingi oleh lautan dan bukit.

Kembali ke jalan utama, dibagian kiri kita dapat menelusuri bukit yang mengarah ke pantai atau ke Tanjung. Dimana pantai ini dipenuhi oleh bebatuan yang lebih besar. Jika kita ingin melihat pemandangan Pak Lap Tsai  yang indah, ada jalan samping di sebelah kanan dengan beberapa pita sebagai tanda arah jalan. Pada musim semi, di bukit ini akan tumbuh beberapa bunga khas China yang beragam.





 Transportasi:
MTR Diamond Hill Exit C -- Bus 94 atau 96R turun di Pak Tam Chung -- naik taksi ke Po Pin Chau (East Dam). Untuk perjalanan balik bisa ditempuh dengan transportasi yang sama.

No comments:

Post a Comment