Thursday, December 1, 2016

Nan Lian Garden

Masih berkelumit dengan dunia traveling khususnya di Hong Kong. Jujur saya kehabisan bahan untuk diceritakan di halaman kesayangan saya ini karena kesibukan aktifitas setiap minggunya, terpaksa nggak bisa mbolang jadi ibarat orang bilang saya ini "kurang piknik". Tapi alhamdulillah saya bersyukur walaupun kurang piknik, saya nggak kekurangan kasih sayang :D.

Nah, untuk episode kali ini saya akan berbagi informasi mengenai salah satu taman budaya sekaligus taman keagamaan bagi masyarakat Hong Kong yakni Nan Lian Garden. Meskipun bukan merupakan taman yang populer di wilayah adminstratif China ini, tapi tidak mengurangi jumlah pengunjungnya.


Bebatuan di lokasi taman depan pintu masuk


Nan Lian Garden dibuka pada 15 November 2006, adalah sebuah taman pada masa dinasti Tang bergaya Cina klasik dengan mengangkat tema taman yang terkenal di Provinsi Shanxi tepatnya di Jiangshouju. kemudaian taman ini dikembangkan Departemen Budaya Pemerintah Hong Kong dan Chi Lin Nunnery. Lokasi taman ini terletak di wilayah Kowloon tepatnya di area Diamond Hill, bersebelahan dengan Hollywood Plaza. Taman ini didesain benar-benar indah, penuh warna dan dengan suasana tenang. Sementara ada banyak pemandangan yang indah yang dapat kita lihat dari sekitar taman seperti Lion Rock, Tate Cairn, Temple Hill dan Kowloon Peak. Taman ini juga memiliki fasilitas peredam suara untuk melindungi dari suara lalu lintas di luar taman. Di sekitar taman juga banyak tanaman pohon untuk menyaring gas dan debu dari daerah sekitarnya.


Golden Paviliun


Taman ini ditandai dengan empat unsur utama dari gaya dinasti Tang yakni bukit kecil buatan dengan bebatuan hias, fitur air, struktur kayu dan pohon-pohon tua. Batu-batu yang digunakan seperti batu Caitao, batu Heshan, batu Laibin, batu Qinghua dan batu heksagonal. Fitur air seperti Lotus Pond, Blue Pond, Pine Brook, Moon Wash, Silver Strand dan air terjun buatan. Sementara untuk struktur kayu khas termasuk paviliun, teras, menara, paviliun bertingkat, dan jembatan dibangun dengan gaya arsitektur seperti jalan berkelok-kelok. Adapun ohon-pohon tua yang berharga di wilayah taman termasuk Buddha Pine, Japanesse Black Pine, Cypress, Pagoda, dan sebagainya. 



Silver Strand waterfall


Nan Lian Garden dirancang dengan maksud agar pengunjung mengikuti rute satu arah, sehingga memudahkan pengunjung untuk mengelilingi seluruh taman. Ketika memasuki taman, pengunjung dapat melewati gerbang yang terbuat dari kayu dari struktur kayu Cina tradisional dan menggambarkan metode konstruksi seperti yang digunakan di Chi Lin Nunnery. Kemudian pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang Banyan Grove sebelum sampai ke Lotus Pond.

Selanjutnya pengunjung dapat menikmati pemandangan bangunan paviliun di pusat taman yaitu Golden Paviliun yang dihubungkan dengan jembatan Zi Wu. Sayangnya paviliun ini tertutup bagi para pengunjung. Tepatnya di dekat paviliun ini terdapat beberapa tanaman bunga yang dikelilingi oleh rerumputan, bebatuan dan pohon-pohon. Sementara di sebelah kanan jalan terdapat ruang serba guna/aula yang digunakan untuk pentas seni, petunjukan musik, seminar dan sebagainya. 


Restoran Vegetarian


Setelah melewati beberapa spot utama yakni Golden Paviliun, selanjutnya pengunjung disuguhkan dengan warna-warni ikan yang terdapat di kolam yang bernama Blue Pond. Banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk berfoto karena panoramanya cukup indah. Berjalan beberapa langkah, ada air terjun buatan yakni Silver Strand waterfall dan bersebelahan dengan kincir air. Tepat dibelakang air terjun ini terdapat restoran dengan dinding yang di aliri air, cukup menarik bukan? 

Objek wisata tentunya tidak lepas dari kuliner dan makanan khas. Nah, di taman ini juga tersedia restoran khusus vegetarian (tanpa daging) yang di olah khusus dengan cita rasa khas makanan China atau Hong Kong. Setelah menikmati lezatnya makanan khas vegetarian Hong Kong, jangan lupa untuk mampir ke galeri melihat koleksi bebatuan kuno sebagian terdapat di sekitar taman. Kemudian pengunjung juga dapat membeli berbagai aksesories atau cinderamata khas Hong Kong seperti batu giok yang dijual dalam bentuk gelang, liontin, kalung, beberapa kerjinan tangan, snack dan lain-lain. 


Chi Lin Nunnery


Nan Lian Garden dibuka mulai pukul 9 pagi - 9 malam. Bagi pengunjung di larang untuk makan di sekitar area taman, dan untuk minuman pun yang diperbolehkan adalah mineral water atau air putih.


Transportasi : MTR Diamond Hill Exit C2 (Hollywood Plaza) kemudian berjalan 5 menit sampai di depan pintu masuk ke taman. 















No comments:

Post a Comment